Motivasi Mahasiswa, dan Minat Melanjutkan Pendidikan Magister di Masa Pandemi Covid-19
Pengaruh Mmotivasi Mahasiswa Pada Minat Melanjutkan Pendidikan Magister di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
This research aims to obtain empirical evidence regarding the influence of student motivation on interest in pursuing a master's degree in accounting. Students majoring in the Accounting Study Program at Udayana University batch 2018 are the research population. Probability sampling with simple random sampling was chosen by the researcher as the technique used in selecting the sample which was calculated using the Slovin formula. To collect data used in the form of a questionnaire distributed via google form with multiple linear regression analysis. The findings in this research include career motivation and degree motivation have a significant positive effect, while the perception of cost has a significant negative effect on student interest in pursuing a master's degree in accounting, Faculty of Economics and Business, Udayana University.
Downloads
References
Apriani, D. (2014). Determinasi Minat Mahasiswa Akuntansi UntukMengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Universitas Brawijaya.
Aulia, S. (2019). Motivasi Ikut Pendidikan Profesi Akuntansi dan Menjadi Akuntan Publik: Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi. Jurnal Ilmu Akuntansi, 12, 2461–1190.
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1, 447–476.
Devani, R. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Konsentrasi Akuntansi Keuangan. Skripsi, 39.
Dicky, S. B. G. A., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Magister Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 929. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i02.p06
Hadiprasetyo. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.
Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853
Ismail, M & Lestari. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 4.
Lestari, P. A., Yasa, I. N. P., & Herawati, N. T. (2019). Motivasi Karir dan Motivasi Kualitas terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Genesha untuk Mengikuti Brevet Pajak. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 183–194.
Primasari, F. W. (2012). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).
Verawati, D., & Irawati, Z. (2016). Pengaruh Motivasi, Akreditasi Prodi, Fasilitas Pendidikan, Konsentrasi Jurusan, Biaya Pendidikan dan Reputasi Pendidik Terhadap Minat Mahasiswa untuk Melanjutkan Magister Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di UMS). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Verperalis, A. A. A. D., & Muliartha, K. (2017). Pengaruh Motivasi Pada Minat Sarjana Akuntansi Universitas Udayana Untuk Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1691–1718.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.