PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT

  • Kadek Trisna Wulandari
  • I Gede Ary Wirajaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap earnings response coefficient. Hal ini menjadi penting karena laba sebagai informasi utama yang disajikan dalam laporan keuangan perusahaan direspon secara berbeda oleh investor. Penelitian ini menguji apakah pengungkapan corporate social responsibility merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi respon investor terhadap informasi laba, yang diukur dengan earnings response coefficient. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 82 perusahaan yang ditentukan dengan metode stratified random sampling. Data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan model interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings response coefficient. Hal ini disebabkan oleh rendahnya keyakinan investor terhadap informasi CSR yang diungkapkan perusahaan dan jumlah informasi CSR yang diungkapkan perusahaan relatif sedikit.

Kata kunci: corporate social responsibility, cumulative abnormal return, earnings response coefficient, unexpected earnings

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-03-10
How to Cite
WULANDARI, Kadek Trisna; WIRAJAYA, I Gede Ary. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 355-369, mar. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8330>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles