PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PERUBAHAN RENTABILITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN KLIEN DAN OPINI AUDIT PADA PERGANTIAN AUDITOR

  • I Wayan Deva Widia Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, perubahan rentabilitas, pertumbuhan perusahaan klien dan opini audit terhadap pergantian auditor pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini difokuskan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012, dengan jumlah pengamatan sebanyak 95 sampel penelitian yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa variabel financial distress, perubahan rentabilitas dan pertumbuhan perusahaan klien tidak berpengaruh terhadap perusahaan sampel untuk mengganti auditornya, sedangkan opini audit mempunyai pengaruh signifikan terhadap perusahaan sampel untuk mengganti auditornya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-18
How to Cite
PUTRA, I Wayan Deva Widia. PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PERUBAHAN RENTABILITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN KLIEN DAN OPINI AUDIT PADA PERGANTIAN AUDITOR. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 308-323, aug. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8171>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

financial distress, perubahan rentabilitas, pertumbuhan perusahaan klien, opini audit, pergantian auditor