PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN LOCUS OF CONTROL PADA HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN SENJANGAN ANGGARAN

  • Elizabeth Vyninca Pello

Abstract

ABSTRAK

Penganggaran partisipatif diduga terdapat faktor kontijensi dengan senjangan anggaran, seperti Asimetri Informasi dan Locus of Control. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah asimetri informasi dan locus of control mampu memoderasi hubungan penganggaran partisipatif dengan senjangan anggaran. Penelitian ini dilakukan pada hotel berbintang di Kabupaten Badung dengan 128 manajer menengah kebawah yang dijadikan sebgai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisoner ke 49 hotel berbintang dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Berdasarkan uji t diketahui bahwa asimetri informasi dan locus of control berpengaruh negatif pada hubungan penganggaran partisipatif dengan senjangan anggaran. Variasi variabel senjangan anggaran dapat dijelaskan oleh penganggaran partisipatif serta dimoderasi oleh asimetri informasi dan locus of control sebesar 54 persen, sedangkan sisanya sebesar 46 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Kata kunci: Asimetri Informasi, Locus of Control, penganggaran partisipatif, senjangan anggaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-10
How to Cite
PELLO, Elizabeth Vyninca. PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN LOCUS OF CONTROL PADA HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN SENJANGAN ANGGARAN. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 287-305, feb. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7945>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles