PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP TIMELINESS PELAPORAN KEUANGAN: PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Komang Ratna Widyaswari
  • Ketut Alit Suardana

Abstract

 

ABSTRAK

Komite audit memiliki peran penting dalam memastikan reabilitas serta relevansi dari laporan keuangan di perusahaan. Salah satu tanggung jawab terpenting dari komite audit adalah untuk mengawasi jalannya pembuatan laporan keuangan yang termasuk memastikan ketepatwaktuan pelaporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menguji hubungan antara karakteristik Komite Audit dengan timeliness pelaporan. Karakteristik komite audit diukur dengan beberapa variabel, yaitu independensi komite audit, jumlah keanggotaan komite audit, frekuensi rapat komite, dan pengalaman komite audit bekerja di Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini juga mengontrol beberapa variabel yaitu ukuran perusahaan,  debt to equity, ukuran Kantor Akuntan Publik dan jenis industri. Sebanyak 182 perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi sampel dan sudah diseleksi dengan kriteria purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik komite audit yang diukur dengan independensi komite audit, jumlah keanggotaan komite audit, frekuensi rapat komite, dan pengalaman komite audit bekerja di Kantor Akuntan Publik tidak ada yang mampu mempengaruhi timeliness pelaporan keuangan suatu perusahaan.

Kata kunci: komite audit, pelaporan keuangan, timeliness.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
WIDYASWARI, Komang Ratna; SUARDANA, Ketut Alit. PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP TIMELINESS PELAPORAN KEUANGAN: PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 154-166, jan. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7796>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles