PENILAIAN KINERJA DENGAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD PADA CV. SRI KESHAVA MADHUSUDANA
Abstract
ABSTRAK
Persaingan bisnis yang semakin ketat merupakan salah satu indikasi pertumbuhan perekonomian. Perusahaan berupaya memiliki keunggulan kompetitif agar mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Maka perlu diterapkan metode penilaian kinerja aspek keuangan dan non-keuangan yang dinamakan Balanced Scorecard. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja CV. Sri Keshava Madhusudana ditinjau dari aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, aspek pembelajaran dan pertumbuhan. Teknik analisisnya adalah rasio likuiditas, leverage, aktivitas, profitabilitas (keuangan); retensi pelanggan dan indeks kepuasan pelanggan (pelanggan); manufacturing cycle effectiveness (proses bisnis internal); retensi karyawan, indeks kepuasan karyawan, tingkat produktifitas karyawan (pembelajaran dan pertumbuhan). Berdasarkan hasil analisis diketahui kinerja perusahaan ada yang baik dan kurang baik. Hasil baik dari periode sebelumnya, yaitu rasio likuiditas, leverage, profitabilitas, tingkat retensi pelanggan, IKP, tingkat retensi karyawan, IKK. Sedangkan hasil kurang baik, yaitu rasio aktivitas, manufacturing cycle effectiveness, dan produktivitas karyawan. Sehingga diharapkan perusahaan mengevaluasi kinerja dan menerapkan Balanced Scorecard secara periodik untuk meningkatkan kinerja.
Kata kunci: Penilaian Kinerja, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.