Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, Motivasi Belajar, dan Pemahaman Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19

  • Ni Luh Putri Berlianawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • I Gusti Ayu Made Asri Dwija Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

Accounting students are required to have a high understanding of accounting in order to understand the lecture material well. The purpose of the study is to provide empirical evidence regarding the influence of intellectual, emotional, spiritual intelligence and learning motivation on accounting understanding during the covid-19 pandemic. The research was conducted at the Faculty of Economics and Business, Udayana University. The number of samples used were 78 students. Sampling uses nonprobability sampling method and purposive sampling technique. Data was collected by means of a questionnaire. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of the analysis found that intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and learning motivation had a positive effect on accounting understanding during the Covid-19 pandemic.


Keywords : Intellectual Intelligence; Emotional Intelligence; Spiritual Intelligence; Motivation To Learn; Understanding Of Accounting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBSM SPSS 23, edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2011). Kecerdasan Emosional, Cetakan ke Dua Puluh Satu. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2005). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional: mengapa EQ lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Haq, L. M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Malang). 9(5).

Judge & Robbins. (2008). Perilaku Organisasi, Edisi Dua Belas. Penerbit Salemba Empat.
Lee, I. C. (2010). The Effect of Learning Motivation, Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Comprehension: Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges’ students in Taiwan. 6.

Lestari, P. A. I. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar dan Latar Belakang Pendidikan Menengah Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). 14.

Mahmud, D. M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara). 22(1).

Marshall & Zohar. (2001). SQ-Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.

Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). 1(2).

Matapere, N. M. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi Uksw Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. 4(1).

Nugroho, F. B. A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 14(2).

Putri, M. S. E. (2016). ). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 15.

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasaan Emosional, Kecerdasaan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akunatnsi. (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas di Ponegoro Semarang dan Universitas Gadja Mada Yogyakarta).

Ratu, N. I. H. dkk. (2018). Kecerdasan Spiritual Memoderasi Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Padakinerja Penyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip). 7.

Rokhana, L. A. & S. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 31(1).

Rusmiani, N. K. A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. 20.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat Dari Perspektif Gender. 9(9).

Yani, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi.
Published
2022-01-26
How to Cite
BERLIANAWATI, Ni Luh Putri; PUTRI, I Gusti Ayu Made Asri Dwija. Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, Motivasi Belajar, dan Pemahaman Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 243-254, jan. 2022. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/72130>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i01.p18.
Section
Artikel