PENILAIAN KINERJA PDAM KABUPATEN TABANAN BERDASARKAN ASPEK KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PDAM kabupaten Tabanan dari aspek keuangan dan non-keuangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data primer menggunakan metode kuisioner, yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menilai kinerja dari aspek keuangan adalah rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas dan pertumbuhan penjualan sedangkan aspek non-keuangan mengukur kinerja perusahaan dari tiga perspektif yaitu perspektif pelanggan, proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penilaian kinerja dari aspek keuangan menunjukan adanya persentase penurunan total debt to total assets ratio yang mengindikasikan perbaikan kinerja keuangan, sedangkan rasio aktivitas, profitabilitas dan pertumbuhan menunjukkan hasil fluktuatif dalam periode waktu yang diteliti namun tetap berada pada rentang nilai yang cukup baik, dari aspek non-keuangan yang meliputi perspektif pelanggan menunjukan bahwa pelanggan puas, perspektif proses bisnis internal, dilihat dari Service Cycle Efficiency dalam pemasangan sambungan menunjukkan kinerja yang kurang baik, sedangkan dari segi penanganan keluhan pelanggan menunjukkan kinerja yang baik sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari tingkat produktivitas karyawan memperlihatkan peningkatan dari tahun ke tahun, sedangkan Indeks Kepuasan Karyawan memperlihatkan hasil puas.
Kata Kunci : penilaian kinerja , aspek keuangan , aspek non keuangan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.