Opinion Shopping Sebagai Pemoderasi Pengaruh Financial Distress Pada Opini Audit Going Concern

  • Ni Putu Purnami Eka Yanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • A. A. N. B. Dwirandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p05

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan faktor kontinjensi (opinion shopping) memoderasi pengaruh financial distress pada opini audit going concern. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah110 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik dan MRA.Hasil analisis menemukan bahwa financial distresstidak berpengaruh pada opini audit going concern. Perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan belum tentu menerima opini audit going concernkarena perusahaan dapat melakukan strategic action dengan mengelola aset secara efisien. Opinion Shopping tidak mampu memoderasi financial distress pada opini audit going concern. Praktik opinion shopping ternyata tidak berpengaruh pada penerimaan opini audit non going concern.


Kata kunci: financial distress, opinion shopping, opini audit going concern.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-01-14
##submission.howToCite##
YANTI, Ni Putu Purnami Eka; DWIRANDRA, A. A. N. B.. Opinion Shopping Sebagai Pemoderasi Pengaruh Financial Distress Pada Opini Audit Going Concern. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 111 - 145, jan. 2019. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/43536>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p05.
Bagian
Artikel