Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Intern pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

  • Ni Nyoman Trisnawati Universitas Udayana
  • Dewa Nyoman Wiratmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kualitas sumber daya manusia dan sistem pengendalian intern pada kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Gianyar. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan penyebaran kuesioner. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan non-probability dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 OPD yang ada di Kabupaten Gianyar. Responden dari penelitian ini pegawai yang bekerja di sub bagian keuangan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Gianyar yang berjumlah 95 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia dan sistem pengendalian intern berpengaruh positif pada kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hal tersebut membuktikan bahwa semakin baik kualitas sumber daya manusia dan sistem pengendalian intern maka akan semakin baik pula kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.


Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan populasi pada lokasi yang berbeda agar hasil penelitian dapat dibandingkan dengan peneliti sebelumnya. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat mempertimbangkan variabel-variabel lain diluar penelitian ini.


Kata kunci: Kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-28
How to Cite
TRISNAWATI, Ni Nyoman; WIRATMAJA, Dewa Nyoman. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Intern pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 768-792, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38938>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i01.p29.
Section
Artikel