REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG MENGUMUMKAN PERUBAHAN DIVIDEN TUNAI PERIODE 2009-2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui reaksi pasar dari pengumuman dividen tunai meningkat, dividen tunai menurun, dan dividen tunai konstan. Penelitian menggunakan pendekatan event study dengan melakukan pengamatan pada abnormal return selama periode pengamatan yaitu 4 hari sebelum pengumuman sampai dengan 4 hari setelah pengumuman. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah one sample t-test dan model yang digunakan untuk menghitung abnormal return berupa Average Abnormal Return (AAR) dan Cumulative Average Abnormal Return (CAAR) adalah Market Adjusted Model. Hasil menunjukkan bahwa (1) Pasar bereaksi positif pada pengumuman dividen tunai meningkat yang terjadi 1 hari sebelum pengumuman dan 4 hari setelah pengumuman, (2) Pasar bereaksi negatif pada pengumuman dividen tunai menurun yang terjadi 1 hari setelah pengumuman, (3) Pasar bereaksi negatif pada pengumuman dividen tunai konstan yang terjadi 1 hari setelah pengumuman. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman dividen tunai meningkat, dividen tunai menurun dan pengumuman pembayaran dividen tunai konstan mempunyai information content, yaitu good news atau bad news.
Kata kunci: abnormal return, event study, reaksi pasar, pengumuman dividen tunai
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.