Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Pada Reputasi Perusahaan Manufaktur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan untuk menganalisis tentang Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance pada Reputasi Perusahaan Manufaktur. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016 sebanyak 144 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel tidak acak atau dengan kriteria tertentu, berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang digunakan maka perusahaan yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 49 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Govenance secara signifikan berpengaruh pada reputasi perusahaan sebesar 74,40 %, sedangkan sisanya sebesar 25,60 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility secara signifikan berpengaruh positif pada reputasi perusahaan. Semakin baik pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam perusahaan maka akan cenderung meningkatkan reputasi perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Good Corporate Governance secara signifikan berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan. Semakin tepat tata kelola Good Corporate Governance dalam perusahaan maka akan cenderung meningkatkan reputasi perusahaan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.