Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing

  • Anisa Sheirina Cahyadi Universitas Udayana
  • Naniek Noviari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Fenomena transfer pricing bisa terjadi karena motivasi manajemen untuk menghindari pajak, terutama melakukan transfer kekayaan (laba) antar pihak yang berelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak, exchange rate, profitabilitas, dan leverage perusahaan manufaktur pada keputusan melakukan transfer pricing. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdafar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 15 perusahaan dengan periode pengamatan selama 3 tahun sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 amatan. Data diperoleh dengan mengunduh laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014 – 2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak, profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif pada keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing. Sedangkan variabel exchange rate tidak berpengaruh pada keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing.


Kata kunci: transfer pricing, pajak, exchange rate, profitabilitas, leverage

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-08
How to Cite
CAHYADI, Anisa Sheirina; NOVIARI, Naniek. Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 1441-1473, july 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38724>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p23.
Section
Artikel