Free Cash Flow Sebagai Pemoderasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Manajemen Laba Di Perbankan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris peran free cash flow dalam mempengaruhi hubungan sustainability reporting pada manajemen laba. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria adalah 10 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini berhasil menunjukkan sustainability reporting berpengaruh positif pada manajemen laba. Hasil pengujian moderasi antara sustainability reporting dengan manajemen laba menunjukkan pengaruh positif yang artinya free cash flow memperkuat pengaruh sustainability reporting pada manajemen laba.
Kata kunci: manajemen laba, sustainability reporting, free cash flow.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.