Pengaruh Pertumbuhan Kredit Terhadap Tingkat Kesehatan Koperasi Dengan Tingkat Perputaran Kredit Sebagai Variabel Pemoderasi

  • Kunigunde Viktoriana Radung FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • I Gede Juliarsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan perekonomian suatu negara sangat erat kaitannya dengan peranan lembaga keuangan, dimana lembaga keuangan berperan sebagai perantara bagi masyarakat yang meyimpan uang dengan masyarakat yang membutuhkan uang. Setiap pemerintahan di dunia selalu memiliki tujuan untuk memajukan dan mengembangkan perekonomiannya agar taraf hidup bangsa dan kesejahteraan masyarakatnya dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Serba Usaha Kuta Mimba dengan menggunakan data laporan keuangan dari tahun 2010-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah koperasi kuta mimba. pada penelitian ini tidak adanya istilah sampel dan metode penentuan sampel karena penelitian ini adalah study kasus.  Pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipan. Teknik analisis yang dipakai adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan  Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis yang sudah diketahui bahwa pertumbuhan kredit berpengaruh terhadap tingkat kesehatan koperasi, tingkat perputaran kredit berpengaruh terhadap tingkat kesehatan koperasi dan tingkat perputaran kredit memperkuat hubungan antara pertumbuhan kredit dan tingkat kesehatan koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-06
How to Cite
RADUNG, Kunigunde Viktoriana; JULIARSA, I Gede. Pengaruh Pertumbuhan Kredit Terhadap Tingkat Kesehatan Koperasi Dengan Tingkat Perputaran Kredit Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 3, p. 2443-2469, sep. 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38419>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i03.p30.
Section
Artikel