Pertumbuhan Perusahaan sebagai Pemoderasi Pengaruh Leverage pada Nilai Perusahaan

  • Debbi Devinta Ambri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Agung Suaryana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v25.i02.p17

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pertumbuhan perusahaan sebagai pemoderasi pengaruh leverage pada nilai perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 12 perusahaan dengan jumlah 36 amatan.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Moderated Regression Analysis (MRA).Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa leverage berpengaruh negatif pada nilai perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pertumbuhan perusahaan mampu memperkuat pengaruh leverage pada nilai perusahaan. Hal tersebut menunjukan tinggi rendahnya rasio pertumbuhan perusahaanserta merta memengaruhi nilai perusahaan.


Kata kunci: Nilai Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-10-18
##submission.howToCite##
AMBRI, Debbi Devinta; SUARYANA, I Gusti Ngurah Agung. Pertumbuhan Perusahaan sebagai Pemoderasi Pengaruh Leverage pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 1258 - 1281, oct. 2018. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38225>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v25.i02.p17.
Bagian
Artikel