Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kepemilikan Asing pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

  • Kadek Nitya Devi Irmayanti Universitas Udayana
  • Ni Putu Sri Harta Mimba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perusahaan consumer goods, dimana perusahaan ini memproduksi barang-barang konsumsi yang dibutuhkan secara rutin oleh masyarakat. Penelitian mengenai pengungkapan CSR pada perusahaan consumer goods masih jarang dilakukan. Sampel yang didapatkan sebanyak 7 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR, leverage berpengaruh positif pada pengungkapan CSR, kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR, ukuran perusahaan mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh leverage pada pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan asing pada pengungkapan CSR.


Kata kunci: Profitabilitas, leverage, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, pengungkapan CSR, consumer goods.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
IRMAYANTI, Kadek Nitya Devi; MIMBA, Ni Putu Sri Harta. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kepemilikan Asing pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 1932-1954, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38223>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p12.
Section
Artikel