Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan dan Konflik Kepentingan pada Konservatisme Akuntansi dengan Risiko Litigasi Sebagai Pemoderasi

  • Ni Komang Purwanita Wisuandari Universitas Udayana
  • I Nyoman Wijana Asmara Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh tingkat kesulitan keuangan dan konflik kepentingan pada konservatisme akuntansi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh bukti empiris risiko litigasi memoderasi pengaruh tingkat kesulitan keuangan dan konflik kepentingan pada konservatisme akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan non-probability dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa tingkat kesulitan keuangan berpengaruh negatif pada konservatisme akuntansi, konflik kepentingan tidak berpengaruh pada konservatisme akuntansi, risiko litigasi tidak mampu memoderasi hubungan tingkat kesulitan keuangan pada konservatisme akuntansi, dan risiko litigasi mampu memoderasi hubungan konflik kepentingan pada konservatisme akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
WISUANDARI, Ni Komang Purwanita; PUTRA, I Nyoman Wijana Asmara. Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan dan Konflik Kepentingan pada Konservatisme Akuntansi dengan Risiko Litigasi Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 1521-1547, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38035>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p27.
Section
Artikel