Pengaruh Agresivitas Pajak Pada Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Suatu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam memperoleh keuntungan. Corporate social responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk bertanggung jawab pada dampak operasi perusahaan dalam dimensi sosial, ekonomi serta lingkungan. Tinggi rendahnya pengungkapan CSR suatu perusahaan dapat dipengaruhi oleh agresivitas pajak dan profitabilitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agresivitas pajak pada CSR serta untuk mengetahui apakah profitabilitas memoderasi pengaruh agresivitas pajak pada CSR. Penelitian ini berfokus pada sektor property dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi non participant. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Moderated Regression Analysis (MRA). “Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak berpengaruh positif pada CSR serta profitabilitas mampu memoderasi pengaruh agresivitas pajak pada CSR.” Implikasi penelitian, secara teoritis membuktikan teori legitimasi dalam konteks agresivitas pajak dan secara praktis diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pihak terkait.
Kata kunci: corporate social responsibility, agresivitas pajak, profitabilitas.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.