Pengaruh Pinjaman yang Diberikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Non Perfoming Loan yang Rendah sebagai Variabel Pemoderasi

  • I Dewa Agung Nanditiya Putra Universitas Udayana
  • I Made Sadha Suardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Capaian angka nilai perusahaan subsektor perbankan dari tahun 2012 hingga 2016 cenderung menurun, padahal pemberian pinjaman perusahaan cenderung meningkat. Untuk itu perlu diketahui apakah penyebab menurunnya nilai perusahaan tersebut. Diduga Non Performing Loan (NPL) yang rendah bisa menjadi penyebab menurunnya nilai perusahaan. Maka dari itu penting menambahkan NPL sebagai variabel pemoderasi pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh pinjaman yang diberikan terhadap nilai perusahaan dengan NPL sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan subsektor perbankan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis penelitian ini ditemukan bahwa pinjaman yang diberikan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan NPL yang rendah memperlemah hubungan antara pinjaman yang diberikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
PUTRA, I Dewa Agung Nanditiya; SUARDHIKA, I Made Sadha. Pengaruh Pinjaman yang Diberikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Non Perfoming Loan yang Rendah sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 1201-1224, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/37105>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p15.
Section
Artikel