Pengaruh Philanthropy Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi
Abstract
Profitabilitas yang tinggi dapat mempengaruhi jumlah philanthropy yang dilakukan perusahaan sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Philanthropy disclosure memberikan image positif di mata masyarakat sehingga nilai perusahaan meningkat yang ditunjukkan oleh harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris pengaruh philanthropy disclosure terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 perusahaan, dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menemukan bahwa philanthropy disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dapat memperkuat pengaruh philanthropy disclosure terhadap nilai perusahaan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.