Pengaruh Opini Audit, Audit Fee, Reputasi KAP dan Ukuran Perusahaan Klien Terhadap Auditor Switching

  • Ni Luh Eka Desy Widnyani Universitas Udayana
  • Ketut Muliartha RM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Kebutuhan perusahaan akan perlunya jasa audit menyebabkan persaingan antar kantor akuntan publik untuk mendapatkan klien. Untuk dapat mempertahankan keandalan laporan keuangan dan independensi auditor maka perlu diterapkannya auditor switching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh opini audit, audit fee, reputasi KAP dan ukuran perusahaan klien terhadap auditor switching.  Metode penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposivee sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 20 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa opini audit tidak berpengaruh terhadap auditor switching, audit fee berpengaruh positif terhadap auditor switching, reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap auditor switching dan ukuran perusahaan klien berpengaruh negatif terhadap auditor switching.


Kata kunci: opini audit, audit fee, reputasi KAP dan ukuran perusahaan klien

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-03
How to Cite
WIDNYANI, Ni Luh Eka Desy; RM, Ketut Muliartha. Pengaruh Opini Audit, Audit Fee, Reputasi KAP dan Ukuran Perusahaan Klien Terhadap Auditor Switching. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 1119-1145, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36967>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p12.
Section
Artikel