Kompetensi dan Moral Reasoning Memoderasi Pengaruh Independensi pada Kualitas Audit di Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali

  • Ellis Yulinda Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • A. A.Ngurah Bagus Dwirandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan saat ini memerlukan jasa seorang auditor (Akuntan) yang berkualitas untuk membantu melakukan pemeriksaan terhadap keberlangsungan suatu perusahaan. Seorang akuntan harus memperhatikan kualitas audit, karena dengan kualitas audit yang tinggi diharapkan dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya oleh pengguna informasi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kompetensi dan moral reasoning memoderasi pengaruh independensi terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali. Penelitian ini dilakukan di seluruh kantor Kantor Akuntan Publik di Bali sebanyak tujuh kantor yang terdapat pada Wilayah Bali tahun 2017 dengan menjadikan auditor sebanyak 73 orang sebagai sampel dengan metode sample jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan 47 responden yang kembali dan layak digunakan sedangkan sebanyak 26 digugurkan di uji melalui moderasi regresi analisis (MRA). Berdasarkan hasil analisis, independensi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. Kompentensi memperkuat berpengaruh positif independensi terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. Moral reasoning memperkuat berpengaruh positif independensi terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02
How to Cite
DEWI, Ellis Yulinda; DWIRANDRA, A. A.Ngurah Bagus. Kompetensi dan Moral Reasoning Memoderasi Pengaruh Independensi pada Kualitas Audit di Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 240-266, mar. 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36776>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i01.p10.
Section
Artikel