Pengaruh Manajemen Laba pada Nilai Perusahaan Sesudah Pergantian Chief Executive Officer (CEO)

  • Ni Putu Sukma Astiti Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Eka Damayanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan harus mengoptimalkan nilai perusahaan untuk menarik minat kreditur maupun investor, namun kenyataannya optimalisasi nilai perusahaan selalu terganggu oleh konflik keagenan. Manajer memiliki informasi tentang perusahaan yang lebih lengkap, sehingga manajer mampu melakukan manajemen laba. Salah satu motivasi manajemen laba adalah pergantian Chief Executive Officer (CEO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen laba pada nilai perusahaan sesudah pergantian CEO pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2016. Jumlah sampel dalam penelitian ini 32 perusahaan yang didapat dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen laba dengan pola income decreasing saat tahun pertama sesudah pergantian CEO berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan, dan manajemen laba dengan pola income increasing saat tahun kedua sesudah pergantian CEO berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan.


Kata kunci: nilai perusahaan, manajemen laba, pergantian CEO.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02
How to Cite
ASTITI, Ni Putu Sukma; DAMAYANTHI, I Gusti Ayu Eka. Pengaruh Manajemen Laba pada Nilai Perusahaan Sesudah Pergantian Chief Executive Officer (CEO). E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 185-210, mar. 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36643>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i01.p08.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)