Pengaruh Manajemen Laba pada Nilai Perusahaan Sesudah Pergantian Chief Executive Officer (CEO)
Abstract
Perusahaan harus mengoptimalkan nilai perusahaan untuk menarik minat kreditur maupun investor, namun kenyataannya optimalisasi nilai perusahaan selalu terganggu oleh konflik keagenan. Manajer memiliki informasi tentang perusahaan yang lebih lengkap, sehingga manajer mampu melakukan manajemen laba. Salah satu motivasi manajemen laba adalah pergantian Chief Executive Officer (CEO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen laba pada nilai perusahaan sesudah pergantian CEO pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2016. Jumlah sampel dalam penelitian ini 32 perusahaan yang didapat dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen laba dengan pola income decreasing saat tahun pertama sesudah pergantian CEO berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan, dan manajemen laba dengan pola income increasing saat tahun kedua sesudah pergantian CEO berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan.
Kata kunci: nilai perusahaan, manajemen laba, pergantian CEO.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.