Fee Audit sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi, Objektivitas dan Independensi pada Kualitas Audit

  • Putu Intan Kalvika Sari Udayana
  • Dewa Nyoman Badera Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Audit yang dilakukan oleh auditor dapat berkualitas, apabila memenuhi ketentuan atau standar pengauditan. Menghasilkan dan meningkatkan kualitas audit, seorang auditor harus memiliki kompetensi serta mempertahankan objektivitas dan independensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta memberikan bukti empiris bagaimana fee audit memoderasi pengaruh kompetensi, objektivitas, dan independensi pada kualitas audit.


Penelitian ini mengambil sampel yaitu seluruh auditor pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Provinsi Baliberdasarkan metode nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh dan sampel berjumlah 50 auditor. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan teknik kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA).


Hasil analisis menunjukkan bahwa fee audit memperkuat hubungan pengaruh kompetensi, objektivitas, dan independensi pada kualitas audit. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi kompetensi, objektivitas, dan independensi yang dimiliki oleh auditor dan didukung dengan fee audit yang diberikan maka kualitas audit yang dihasilkan semakin baik.


Kata kunci: fee audit, kompetensi, objektivitas, independensi, kualitas audit

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02
How to Cite
SARI, Putu Intan Kalvika; BADERA, Dewa Nyoman. Fee Audit sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi, Objektivitas dan Independensi pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 156-184, mar. 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36434>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i01.p07.
Section
Artikel