Influence Quality of Information System, Quality of Information, And Perceived Usefulness On User Accounting Information System Satisfaction

  • Ida Bagus Gede Mawang Mangun Buana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Gusti Putu Wirawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i01.p26

Abstrak

Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung adalah salah satu perusahaan daerah yang telah mengintegrasikan sistem informasi akuntansi dalam mengelola kinerja pegawainya dalam memberikan informasi akuntansi secara akurat. Wilayah kerja yang luas tentunya harus diimbangi dengan kinerja yang baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan perceived usefulness pada kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Penelitian ini bersifat hubungan causal explanatory. Penelitian dilakukan di PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang berlokasi di Jalan Bedahulu No 3 Denpasar. Hasil penelitian adalah Kualitas sistem informasi akuntansi , kualitas informasi dan perceived usefullness berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,554 hal ini berarti 55,4 persen kepuasan pengguna Informasi Akuntansi pada PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dipengaruhi oleh variabel variabel Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness, sebaliknya 44,6 persen dipengaruhi oleh variabelvariabel lain yang tidak diteliti.


Kata kunci: Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi , Perceived Usefulness Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-01-11
##submission.howToCite##
MANGUN BUANA, Ida Bagus Gede Mawang; WIRAWATI, Ni Gusti Putu. Influence Quality of Information System, Quality of Information, And Perceived Usefulness On User Accounting Information System Satisfaction. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 683-713, jan. 2018. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35374>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i01.p26.
Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##