Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Manajerial pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Pemoderasi
Abstract
Setiap perusahaan pasti berusaha untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga ikut memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham. Para investor perlu mengumpulkan informasi yang lengkap dan tepat mengenai perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat investasi. Investor akan melihat beberapa faktor yang bisa dijadikan penilaian sebagai suatu kondisi perusahaan tersebut seperti profitabilitas dan kepemilikan manajerial. Semakin tinggi nilai perusahaan semakin baik kualitas perusahaan. Penelitian ini meneliti pengaruh profitabilitas dan kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan, dan adanya Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan 2013 – 2015. Jumlah sampel penelitian ini adalah 44 perusahaan dengan 132 data amatan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menggunakan kriteria tertentu untuk pemilihan sampel. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif pada nilai perusahaan. kepemilikan manajerial terbukti memiliki pengaruh negatif pada nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan juga bahwa Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi mampu memperkuat hubungan profitabilitas pada nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi terbukti tidak mampu mempengaruhi hubungan kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.