Consumer Proximity, Media Exposure, Enviromental Sensitivity, dan Profitability dalam Memengaruhi CSRDdi Indonesia

  • Luh Yuliskayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Gst Ayu Eka Damayanthi Universitas Udayana

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan. Banyak perusahaan termotivasi untuk melakukan dan mengungkapkan CSR untuk meningkatkan citra perusahaan dan menjamin sustainability perusahaan. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh consumer proximity, media exposure, enviromental sensitivity dan profitability terhadap CSR Disclosure di Indonesia. Penelitian dilakukan pada perusahaan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 292 amatan, dengan metode probability sampling. Tipe data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil hipotesis menyatakan consumer proximity berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility disclosure (CSRD). Media exposure berpengaruh positif terhadap CSRD. Enviromental sensitivity berpengaruh positif terhadap CSRD. Profitability berpengaruh positif terhadap CSRD. Untuk setiap perusahaan agar selalu memperhatikan consumer proximity, media exposure, enviromental sensitivity dan profitability sehingga dapat meningkatkan CSRD dalam mencapai kerja yang lebih optimal.


Kata kunci: Consumer Proximity, Media Exposure, Enviromental Sensitivity, Profitability, Corporate Social Responsibility Disclosure

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
YULISKAYANI, Luh; DAMAYANTHI, I Gst Ayu Eka. Consumer Proximity, Media Exposure, Enviromental Sensitivity, dan Profitability dalam Memengaruhi CSRDdi Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 1651-1681, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35188>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p02.
Section
Artikel