Consumer Proximity, Media Exposure, Enviromental Sensitivity, dan Profitability dalam Memengaruhi CSRDdi Indonesia
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan. Banyak perusahaan termotivasi untuk melakukan dan mengungkapkan CSR untuk meningkatkan citra perusahaan dan menjamin sustainability perusahaan. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh consumer proximity, media exposure, enviromental sensitivity dan profitability terhadap CSR Disclosure di Indonesia. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 292 amatan, dengan metode probability sampling. Tipe data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil hipotesis menyatakan consumer proximity berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility disclosure (CSRD). Media exposure berpengaruh positif terhadap CSRD. Enviromental sensitivity berpengaruh positif terhadap CSRD. Profitability berpengaruh positif terhadap CSRD. Untuk setiap perusahaan agar selalu memperhatikan consumer proximity, media exposure, enviromental sensitivity dan profitability sehingga dapat meningkatkan CSRD dalam mencapai kerja yang lebih optimal.
Kata kunci: Consumer Proximity, Media Exposure, Enviromental Sensitivity, Profitability, Corporate Social Responsibility Disclosure
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.