Pengaruh Love of Money dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi
PENGARUH LOVE OF MONEY DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI
Abstract
Persepsi etis merupakan sikap bagaimana menilai suatu keadaan atau pelanggaran. Persaingan semakin ketat, sehingga profesi akuntansi harus sering kali dihadapkan dengan tekanan untuk mempertahankan standar etika yang tinggi. Profesi akuntansi harus bekerja dan membuat keputusan berdasarkan kode etik yang ada. Akan tetapi pada praktiknya masih banyak profesional akuntansi yang bekerja tanpa berlandaskan kode etik yang disepakati bersama. Melalui persepsi etis dapat diketahui bagaimana pandangan mahasiswa khususnya mahasiswa akuntansi mengenai pelanggaran yang terjadi di kalangan akuntan dengan tujuan memberikan gambaran kepada seluruh calon akuntan mengenai profesionalitas seorang akuntan yang bekerja berdasarkan atas kepercayaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh love of money dan machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa pada mahasiswa non reguler jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang disebarkan kepada responden. Responden penelitian ini adalah mahasiswa non reguler jurusan akuntansi angkatan 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 sampel dengan teknik probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa love of money berpengaruh negatif pada persepsi etis mahasiswa akuntansi dan machiavellian berpengaruh negatif pada persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.