Pengaruh PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN PADA KINERJA KEUANGAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Kinerja Lingkungan: Kinerja Keuangan: Pengungkapan Corporate Social Responsibility

  • I Gst Agung Bagus Adhi Damanik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Yadnyana

Abstract

Saat ini permasalahan lingkungan semakin menjadi perhatian oleh banyak pihak. Salah satu penyebab permasalahan ini ialah akibat dari aktivitas operasi perusahaan. Hal ini diakibatkan karena perusahaan enggan untuk mengeluarkan biaya dalam mengelola lingkungan dan lebih mengutamkan keuntungan dari segi finansial. Akibat dari diabaikannya permasalahan lingkungan, kini masyarakat serta pemerintah menuntut agar perusahaan dapat mengelola lingkungan dengan baik, oleh karena itu Pemerintah Republik Indonesia menerapkan kebijakan melalui Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) membentuk Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) untuk meningkatkan peran perusahaan terhadap lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu melihat pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan dengan CSR sebagai variable intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2015. Jumlah sampel 37 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan kinerja lingkungan berpengaruh positif pada pengungkapan corporate social responsibility. Kinerja lingkungan dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif pada kinerja keuangan. Kinerja lingkungan secara signifikan berpengaruh positif pada kinerja keuangan melalui pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini menunjukkan pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi hubungan antara kinerja lingkungan dengan kinerja keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-14
How to Cite
DAMANIK, I Gst Agung Bagus Adhi; YADNYANA, I Ketut. Pengaruh PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN PADA KINERJA KEUANGAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 645-673, july 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/30739>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles