FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CSR DENGAN PROFILE PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Asri Suryaputri Sudjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Putu Sudana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Aktivitas ini dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan sehingga tidak mengorbankan kemampuan dan kebutuhan generasi muda dimasa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dengan profile perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa profile perusahaan mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, proporsi dewan komisaris independen pada pengungkapn CSR sedangkan profile perusahaan memperlemah pengaruh leverage pada pengungkapn CSRTingkat intensitas pengungkapan CSR ditentukan oleh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, proporsi dewan komisaris independen, dan profile perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-16
How to Cite
SUDJANA, Asri Suryaputri; SUDANA, I Putu. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CSR DENGAN PROFILE PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 2468-2495, june 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/28766>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles