FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CSR DENGAN PROFILE PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Aktivitas ini dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan sehingga tidak mengorbankan kemampuan dan kebutuhan generasi muda dimasa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dengan profile perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa profile perusahaan mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, proporsi dewan komisaris independen pada pengungkapn CSR sedangkan profile perusahaan memperlemah pengaruh leverage pada pengungkapn CSRTingkat intensitas pengungkapan CSR ditentukan oleh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, proporsi dewan komisaris independen, dan profile perusahaan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.