Evaluasi Perhitungan Harga Pokok Penjualan Laundry di Perusahaan Laundry Skala Besar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula perhitungan harga pokok penjualan (HPP) laundry yang diterapkan oleh PT.X dan mengevaluasinya menggunakan metode activity-based costing (ABC). Objek penelitian ini adalah sebuah perusahaan laundry skala besar yang menyediakan layanan cucian berkualitas dan pengantaran gratis ke berbagai klien wilayah Jabodetabek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan HPP per kg cucian hotel yang berlaku saat ini lebih besar (overcosting) sebesar 40,43% dibandingkan metode ABC. Sedangkan HPP per kg cucian guest & uniform lebih kecil (undercosting) sebesar 20,74% dibandingkan metode ABC. Hasil lain menunjukkan bahwa gross profit margin kedua cucian menjadi lebih besar 5,64% jika PT.X menggunakan metode ABC. Jumlah biaya tidak langsung yang besar dan adanya perbedaan penggunaan mesin dan penanganan manual tiap cucian menjadi indikasi bahwa penetapan biaya berbasis aktivitas perlu dipertimbangkan manajemen PT.X untuk mendapatkan informasi biaya produk yang lebih tepat.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.