Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Akuntan Publik
Abstract
Data Pusat Pembinaan Profesi Keuangan menunjukkan bahwa jumlah akuntan publik di Indonesia mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir, sedangkan perusahaan yang membutuhkan jasa akuntan publik meningkat. Perusahaan membutuhkan opini audit atas kewajaran laporan keuangannya. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada teknik analisis dan variabel yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Soft Skills, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Akuntan Publik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2019 sebanyak 256. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan hasil 156 sampel. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemahaman Teknologi Informasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan Publik, sedangkan Soft Skills, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan publik. Hasil penelitian memberikan bukti pengembangan TPB dan Teori Pengharapan.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-
5978(91)90020-T
Akhter, A., & Sultana, R. (2018). Sustainability of Accounting Profession at the Age of Fourth Industrial Revolution. International Journal of Accounting and Financial Reporting, 8(4), 139. https://doi.org/10.5296/ijafr.v8i4.13689
Amrain, N., Hambali, I. R., & Wuryandini, A. R. (2021). Pengaruh Gender, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Kerja Terhadap Pemilihan Karir Profesi Akuntan. Jambura Accounting Review, 2(2), 87–99.
Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner, 6(1), pp. 234–246. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624
Ary Indrayanti, S. M., Suprasto, H. B., & Astika, I. B. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Pada Kinerja Auditor Internal Dengan Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Pemoderasi Di Inspektorat Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 3823. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i11.p04
Asmoro, T. K. W., Wijayanti, A., & Suhendro, S. (2016). Determinan Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 123–135. https://doi.org/10.24815/jdab.v2i2.4213
Asonitou, S., & Hassall, T. (2019). Which skills and competences to develop in accountants in a country in crisis? International Journal of Management Education, 17(3), 100308. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100308
Asrawaty. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman Akuntansi, Auditing, Teknologi Informasi dan Softskill Mahasiswa terhadap Minat menjadi Auditor Eksternal dengan Jasa Audit E-Commerce Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 31(2), 129–144.
Atichasari, A. S. (2018). Studi Empiris Persepsi Kantor Akuntan Publik Terhadap Peranan Karakteristik soft skill Lulusan Akuntansi. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 5(2), 147. https://doi.org/10.30656/jak.v5i2.671
Bagley, P. L., Dalton, D. W., Eller, C. K., & Harp, N. L. (2021). Preparing students for the future of work: Lessons learned from telecommuting in public accounting. Journal of Accounting Education, 56, 100728. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2021.100728
Berry, R., & Routon, W. (2020). Soft skill change perceptions of accounting majors: Current practitioner views versus their own reality. Journal of Accounting Education, 53, 100691. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100691
Brewer, A. M. (2020). What is a Career in the 21st Century? Careers: Thinking, Strategising and Prototyping (The Future of Work), 3–43. https://doi.org/10.1108/978-1-83867-207-220191003
Covaleski, M. A., Earley, C. E., & Zehms, K. M. (2021). The lived reality of public accounting interns. Journal of Accounting Education, 56, 100743. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2021.100743
Dary, A. W., & Ilyas, F. (2019). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik Dan Non Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.7.1.51-60
Dewayani, M. A., & Chasanah, C. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 176–183. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v15i2.1846
Effendi, A. I., & Rahayu, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik ( Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom, Kabupaten Bandung Tahun 2020). E-Proceeding of Management, 7(2), 2638–2649.
Enget, K., Garcia, J. L., & Webinger, M. (2020). Majoring in accounting: Effects of gender, difficulty, career opportunities, and the impostor phenomenon on student choice. Journal of Accounting Education, 53, 100693. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100693
Fajar, Arifianto. 2014. Pengaruh Motivasi Diri dan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta . Jurnal 10 (1) : 45-66
Fajri, Nurkholis., Silfi, Alfiati., & Kirmizi. (2015).Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(2):pp. 1-16
Fitriah, N. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Kompetensi Softskill Mahasiswa untuk Mengukur Kesiapan Diri Menghadapi Dunia Kerja Di Fitk Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 3(2), 163. https://doi.org/10.18860/jpips.v3i2.6903
Gunarathne, N., Senaratne, S., & Herath, R. (2021). Addressing the expectation–performance gap of soft skills in management education: An integrated skill-development approach for accounting students. International Journal of Management Education, 19(3), 100564. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100564
Ghozali. (2006). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan
Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Ghozali. dan Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan
Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan
Penerbit UNDIP
Handayani, F. (2021). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Berkarir Menjadi Akuntan Publik pada Mahasiswa Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.32487/jshp.v5i2.1126
Hutagalung, K. M., & Setiana, E. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional Dan Pertimbangan Pasar Kerja Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan Indonesia UNIMED, 9(2), 1–17.
Hutapea, H. . (2016). The Perception of Accounting Students About The Factors Which of Career Selection.
Indrawati, Novita. 2009. Motivasi dan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Pekbis Jurnal, Vol. 1, No. 2, Juli 124-130
Januarti, I., & Chariri, A. (2019). Career Selection of Professional Public Accountants With Expectancy Theory. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 162. https://doi.org/10.22219/jrak.v9i2.8577
Juwita, R. dan K. (2021). Pekerja VS Dunia Kerja Berbasis 4.0. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(2), 190–196.
Kan, M. P. H., Fabrigar, L. R., & Fishbein, M. (2020). Encyclopedia of Personality and Individual Differences. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8
Khairani, F., Wahyudi, T., & Subeki, A. (2019). Pengaruh Kualitas Laporan Audit Dan Citra Kantor Akuntan Publik Terhadap Kepuasan Klien (Studi Pada Perusahaan Go Public yang Memiliki Kantor Cabang Di Kota Palembang). AKUNTABILITAS: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi, 11(1), 27–38. https://doi.org/10.29259/ja.v11i1.8927
Kelton, Andrea Seaton, Robin R. Pennington Wheeler, K. . (1983). Perceptions of Labour Market Variables by College Student in Business, Education, and Psychology. Journal of Vocational Behavior, 22, 1–11
Khairani, F., Wahyudi, T., & Subeki, A. (2019). Pengaruh Kualitas Laporan Audit Dan Citra Kantor Akuntan Publik Terhadap Kepuasan Klien (Studi Pada Perusahaan Go Public yang Memiliki Kantor Cabang Di Kota Palembang). Akuntabilitas: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi, 11(1), 27–38. https://doi.org/10.29259/ja.v11i1.8927
Kleine, A. K., Schmitt, A., & Wisse, B. (2021). Students’ career exploration: A meta-analysis. Journal of Vocational Behavior, 131(October), 103645. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2021.103645
Klovienė, L., & Gimzauskiene, E. (2015). The Effect of Information Technology on Accounting System’s Conformity with Business Environment: A Case Study In Banking Sector Company. Procedia Economics and Finance, 32(15), 1707–1712. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01476-8
Lukman, H., & Winata, C. (2017). Faktor Yang Pengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Pts Wasta Dengan Pendekatan Reasoned Action Model. Jurnal Akuntansi, 20(2), 202. https://doi.org/10.24912/ja.v20i2.54
Mangeka, C. E., & Kristianti, I. (2021). Analisis Pengaruh Softskill, Penghargaan Finansial, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Karir Akuntan Publik. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 17–33. https://doi.org/10.36600/rma.v12i1.153
Manggu, Ratnasari.S.A., & Tamsil, M. (2018). Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Sulawesi Barat). Journal of Economic, Public, and Accounting. 1(1), 40–50.
Moll, J., & Yigitbasioglu, O. (2019). The role of internet-related technologies in shaping the work of accountants: New directions for accounting research. British Accounting Review, 51(6), 100833. https://doi.org/10.1016/j.bar.2019.04.002
Murdiawati, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Di Surabaya Untuk Memilih Karir Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 248–256. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.748
Paramita S, P. V. Y., & Sari, Maria M.R. (2019). Pengaruh Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik, Motivasi, dan Kecerdasan Adversity Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 26, 146. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p06
Peniarsih. (2017). Cloud Computing Technologies and Business Opportunities. Webpage, 17, 13.
Piesch, H., Gaspard, H., Parrisius, C., Wille, E., & Nagengast, B. (2020). How can a relevance intervention in math support students’ career choices? Journal of Applied Developmental Psychology, 71(May 2019), 101185. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101185
Pradnya Paramitha, A. A. S. I., & Dharmadiaksa, I. B. (2019). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Teknologi Informasi pada Kualitas Laporan Keuangan LPD Dengan Pendidikan Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 26, 682. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p25
Pratama, B. B., Eltivia, N., & Ekasari, K. (2021). Revolusi Akuntan 4.0. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 547–564. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.31
Puspitasari, D. A., Lestari, T., & Inayah, N. L. (2021a). Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Akuntansi, dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Akuntansi Untuk Berkarir di Bidang Akuntan Publik. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 80–89. https://doi.org/10.46821/ekobis.v1i2.31
Puspitasari, D. A., Lestari, T., & Inayah, N. L. (2021b). UBHARA Accounting Journal. UBARA Accounting Journal, 1(November), 391–399. http://journal.febubhara-sby.org/uaj
Rahayu, P. N., & Asmara Putra, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi, Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Pada Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 1200. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i02.p16
Rebele, J. E., & St. Pierre, E. K. (2019). A commentary on learning objectives for accounting education programs: The importance of soft skills and technical knowledge. Journal of Accounting Education, 48, 71–79. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2019.07.002
Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465.
Rogers, Everett M., 1983, Diffusion of Innovations, Third Edition. London: The Free Press.
Rusdiansyah, Y., & Ardini, L. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir menjadi akuntan publik. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(9), 1–22.
Saputra, A. J. (2019). Pengaruh Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender, Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan. JAD : Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2), 67–76.
Schoenfeld, J., Segal, G., & Borgia, D. (2017). Social cognitive career theory and the goal of becoming a certified public accountant. Accounting Education, 26(2), 109–126. https://doi.org/10.1080/09639284.2016.1274909
Setiyani, Rediana. (2005). Faktor-Faktor Yang Membedakan Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Pulau Jawa). Universitas Diponegoro, Semarang
Situnjak, J.R.T., dan Sugiarto. 2006. LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu
Solikhah, B. (2014). An Application of Theory of Planned Behavior towards CPA Career in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 164(August), 397–402. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.094
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi
(Mixed Methods).Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sukadana, I. C., & Mimba, N. P. S. H. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kesiapan Penerapan SAP Berbasis Akrual Pada Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPPN Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 12 No. 1, 35–49.
Sumarna, A. D. (2020). Akuntan Dalam Industri 4.0: Studi Kasus Kantor Jasa Akuntan (Kja) Di Wilayah Kepulauan Riau.Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi. 11(2), 100–109.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Stoner
Talamaosandi, N,K.P.S. & Wirakusuma, M.G. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Nilai-Nilai Sosial, Pertimbangan Pasar Kerja, Dan Personalitas Pada Pemilihan Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 19(1), 1–26.
Timporok, A. J., Sondakh, J. J., & Gerungai, N. Y. T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 4878–4887.
Wicaksono, Y., & Aisyah, M. N. (2017). Pengaruh Finansial, Lingkungan Kerja dan Tipe Kepribadian Untuk Berkarier menjadi Akuntan Publik. Jurnal Fakultas Ekonomi, 2, 1–19.
Widiatami, A. K., & Cahyonowati, N. (2013). Determinan Pilihan Karir Pada Mahasiswa Akuntansi. Diponegoro Journal of Accounting, 2(3), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/3396/3328
Yuda, G. A. K., & Mimba, N. P. S. H. (2022). Good Governance, Sistem Pengendalian Intern, Konflik Kerja dan Kinerja Pemerintah dengan Motivasi Kerja sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i01.p09
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.