PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3), LINGKUNGAN KERJA, SERTA KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI

  • Komang Hans Jayaputra Fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana
  • Anak Agung Ayu Sriathi Universitas Udayana

Abstract

Kinerja merupakan pencapaian atas hasil kerja karyawan berdasarkan kualitas maupun kuantitas sebagai prestasi kerja dalam periode waktu tertentu yang disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kinerja pegawai dapat diukur dalam beberapa hal yaitu pelaksanaan keselamatan kesehatan kerja (K3), lingkungan kerja dan komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3), lingkungan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada pegawai di BPBD Provinsi Bali. Seluruh pegawai pelaksana BPBD Provinsi Bali yang berjumlah 50 orang dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel, sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Analisis yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja (K3), lingkungan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di BPBD Provinsi Bali. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkan oleh pegawai, kemudian semakin baik kondisi lingkungan kerja pada BPBD Provinsi Bali dan semakin tinggi komitmen organisasional yang dimiliki pegawai BPBD Provinsi Bali, maka akan semakin tinggi pula kinerja yang ditunjukkan oleh pegawai.


Kata Kunci : keselamatan dan kesehatan kerja (K3), lingkungan kerja, komitmen organisasional, kinerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-03
How to Cite
JAYAPUTRA, Komang Hans; SRIATHI, Anak Agung Ayu. PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3), LINGKUNGAN KERJA, SERTA KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 7, p. 2642 - 2662, july 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/58488>. Date accessed: 24 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p09.
Section
Articles