PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE

  • Ni Luh Putu Suryani Ulan Dewi Universitas Udayana
  • I Gede Mertha Sudiartha universitas udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan food and beverage di BEI. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan yaitu profitabilitas diukur dengan menggunakan return on asset (ROA), likuiditas diukur dengan menggunakan Current Ratio, leverage diukur dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) dan ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan Ln (Size). Return Saham dalam penelitian ini digunakan sebagai variable dependen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 14 perusahaan, dengan metode purposive sampling, sehingga di dapat data pengamatan sebanyak 56. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan pada return saham, sedangkan profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan pada return saham.


Kata kunci: profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, return saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-03
How to Cite
SURYANI ULAN DEWI, Ni Luh Putu; SUDIARTHA, I Gede Mertha. PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 932 - 961, feb. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/42005>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p13.
Section
Articles