PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA BPR DI KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Ni Putu Devy Ermawati Student
  • I Komang Ardana Universitas Udayana

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan motivasi terhadap komitmen organisasional karyawan. Penelitian ini dilakukan pada lima BPR di Kabupaten Klungkung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 orang karyawan yang ditentukan dengan metode probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Komitmen organisasional merupakan konsep manajemen yang menempatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai fitur sentral bagi organisasi. Agar karyawan memiliki komitmen organisasional yang tinggi, suatu organisasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasional. Perusahaan sebaiknya memperhatikan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan motivasi untuk ditingkatkan komitmen organisasional.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-03
How to Cite
ERMAWATI, Ni Putu Devy; ARDANA, I Komang. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA BPR DI KABUPATEN KLUNGKUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 11, p. 6326 - 6359, nov. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/40595>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p19.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>