PENGARUH LIKUIDITAS OBLIGASI, WAKTU JATUH TEMPO, DAN KUPON OBLIGASI TERHADAP PERUBAHAN HARGA OBLIGASI KORPORASI BERPERINGKAT TINGGI DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ni Komang Dyah Purnama Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Komang Sudjarni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  likuiditas obligasi, waktu jatuh tempo, dan kupon obligasi terhadap perubahan harga obligasi korporasi berperingkat tinggi di bursa efek indonesia. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari ICAMEL, IBPA, BEI, KSEI dan PT. Pefindo. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 39 obligasi, dengan metode porposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengolahan datanya menggunakan IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa likuiditas obligasi tidak berpengaruh terhadap perubahan harga obligasi. Waktu jatuh tempo berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perubahan harga obligasi. Kupon obligasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga obligasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-10
How to Cite
SARI, Ni Komang Dyah Purnama; SUDJARNI, Luh Komang. PENGARUH LIKUIDITAS OBLIGASI, WAKTU JATUH TEMPO, DAN KUPON OBLIGASI TERHADAP PERUBAHAN HARGA OBLIGASI KORPORASI BERPERINGKAT TINGGI DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 4, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19682>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Perubahan Harga Obligasi, Likuiditas Obligasi, Waktu Jatuh Tempo, Kupon Obligasi