Rancang Bangun Vacuum Cleaner Dengan Pengendali Nirkabel Menggunakan Modul Rf Data Transceiver Ys-1020ub Berbasis Mikrokontroler At89s52

  • IGAP Raka Agung Unud
  • Made Sudiana Unud

Abstract

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, khususnya kebersihan rumah. Rumah yang bersih sangat mempengaruhi kesehatan para penghuninya. Debu adalah kotoran yang paling sering mengotori rumah kita terutama pada bagian lantai. Setiap hari kita harus membersihkan rumah dari debu yang ada pada lantai untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatan kita. Dalam membersihkan lantai rumah dari  debu sering menyita banyak waktu dan tenaga. Vacuum cleaner terkendali nirkabel menggunakan Modul RF Data Transceiver YS-1020UB berbasis mikrokontroler AT89S52 merupakan salah satu solusi untuk membersihkan lantai rumah dari kotoran debu.  Vacuum cleaner ini menggunakan enam buah motor DC yaitu dua motor DC penyedot debu, dua motor DC penentu arah maju, mundur, belok kanan, dan belok kiri, serta dua motor DC penentu arah geser kanan dan geser kiri.  Vacuum cleaner ini dapat dikendalikan dengan dua mode operasi yaitu mode manual dan otomatis. Pada mode manual vacuum cleaner ini dikendalikan menggunakan remote control, dengan tranmisi nirkabel memakai transceiver YS-1020UB. Sedangkan pada mode otomatis  vacuum cleaner ini menggunakan empat buah sensor jarak untuk menghindari tabrakan pada dinding.  Vacuum cleaner dengan pengendali nirkabel menggunakan modul RF Data Transceiver YS-1020UB berbasis mikrokontroler AT89S52 sudah bisa membersihkan debu lantai sehingga lantai bersih dari debu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IGAP Raka Agung, Unud
Universitas Udayana
Made Sudiana, Unud
Unud
Published
2012-12-01
How to Cite
RAKA AGUNG, IGAP; SUDIANA, Made. Rancang Bangun Vacuum Cleaner Dengan Pengendali Nirkabel Menggunakan Modul Rf Data Transceiver Ys-1020ub Berbasis Mikrokontroler At89s52. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 11, n. 2, dec. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/11203>. Date accessed: 25 oct. 2020.

Keywords

debu, mikrokontroler AT89S52, remote control, mode manual