PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM SURABAYA
Abstract
Kepatuhan membayar pajak merupakan hal yang sangat diperlukan, sebab sektor perpajakan merupakan penerimaan terbesar di Negara. Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Surabaya. Pelaku UMKM khususnya yang telah terdaftar sebagai wajib pajak di KPP Pratama Surabaya Wonocolo merupakan subjek yang digunakan dalam riset ini. Dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dan bantuan program SPPS, diperoleh hasil bahwa secara parsial pengetahuan perpajakan memberikan pengaruh secara signifikan pada kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak memberi pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak, serta kesadaran wajib pajak memberikan pengaruh yang signifikan pada kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara simultan pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, dan kesadaran wajib pajak bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 85,5%.