PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMITMEN, DAN INTENSI KELUAR DI PT INDONESIA POWER UBP BALI

  • Sentot Kristanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Rahyuda Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Gede Riana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasional (distributif, prosedural, dan interaksional) terhadap kepuasan kerja dan dampaknya terhadap komitmen dan intensi keluar di PT Indonesia Power UBP Bali. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai mulai jenjang Pelaksana sampai Penyelia Atas dengan metode sensus, sehingga anggota populasi yang berjumlah 230 orang seluruhnya menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keadilan distributif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, 2) Keadilan prosedural berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 3) Keadilan interaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 4) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen, dan 5) Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap intensi keluar.

Kata Kunci : Keadilan Organisasional, Kepuasan Kerja, Komitmen, Intensi Keluar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-07-10
How to Cite
KRISTANTO, Sentot; RAHYUDA, I Ketut; RIANA, I Gede. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMITMEN, DAN INTENSI KELUAR DI PT INDONESIA POWER UBP BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2014. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/6447>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Keadilan Organisasional, Kepuasan Kerja, Komitmen, Intensi Keluar