PENGARUH KUALITAS MAKANAN, KUALITAS LAYANAN, DAN LINGKUNGAN FISIK RESTORAN TERHADAP KEPUASAN SERTA NIAT BERPERILAKU

  • gita ekowati anjarsari Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana, Bali
  • Ni Wayan Sri Suprapti Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana, Bali
  • I Putu Gde Sukaatmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana, Bali
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i05.p05

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasaan serta niat berperilaku. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu tingkat pendidikan minimal SMA atau sederajat, berdomisili di Kabupaten Badung, Kuta dan pernah bersantap di restoran Nanny’s Pavillon minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas makanan, kualitas layanan, dan lingkungan fisik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan. Kepuasaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berperilaku. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan Nanny’s Pavillon lebih mengutamakan kualitas makanan seperti, tampilan yang menarik, menu yang beragam, rasa yang nikmat, serta suhu hidangan sesuai dengan yang seharusnya, lingkungan fisik yang menarik juga memberilan kepuasan pada pelanggan. Disarankan bagi manajemen Nanny’s Pavillon untuk lebih memperhatikan pelayanan agar kepuasan pelanggan dapat lebih ditingkatkan sehingga akan mempengaruhi niat berperilaku pelanggan lebih baik lagi dimasa mendatang.


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-06-21
##submission.howToCite##
ANJARSARI, gita ekowati; SRI SUPRAPTI, Ni Wayan; SUKAATMADJA, I Putu Gde. PENGARUH KUALITAS MAKANAN, KUALITAS LAYANAN, DAN LINGKUNGAN FISIK RESTORAN TERHADAP KEPUASAN SERTA NIAT BERPERILAKU. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1347-1374, june 2018. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/37647>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i05.p05.
Bagian
Articles