PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, KETEGASAN SANKSI PAJAK DAN PEMERIKSAAN PAJAK PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK PBB-P2 DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Dinas Pendapatan Kabupaten Jembrana)

  • Ni Komang Ayu Harmawati
  • I Ketut Yadnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh pemahaman perpajakan, kualitas pelayanan, ketegasan sanksi pajak, dan pemeriksaan pajak pada kepatuhan wajib pajak PBB-P2 dengan tingkat pendidikan sebagai pemoderasi. Populasi penelitian ini  adalah seluruh wajib pajak PBB-P2 sejumlah 122.955 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan sumber data primer berupa kuesioner disusun dengan skala likert lima poin. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan adalah uji validitas pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji R², uji F, dan uji t. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman perpajakan, kualitas pelayanan, ketegasan sanksi pajak dan pemeriksaan pajak berpengaruh positif pada kepatuhan wajib pajak PBB-P2. Hasil Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat pendidikan mampu memoderasi pengaruh variabel pemahaman perpajakan dan ketegasan sanksi pajak, namun tingkat pendidikan tidak mampu memoderasi kualitas pelayanan dan pemeriksaan pajak pada kepatuhan wajib pajak.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-25
How to Cite
HARMAWATI, Ni Komang Ayu; YADNYANA, I Ketut. PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, KETEGASAN SANKSI PAJAK DAN PEMERIKSAAN PAJAK PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK PBB-P2 DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Dinas Pendapatan Kabupaten Jembrana). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/17042>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

kepatuhan WP PBB-P2, tingkat pendidikan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>