Tingkat Dekomposisi Bahan Organik pada Sedimen Tambak Udang Vanname di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali

Decomposition Rate of Organic Matter in Vanname Shrimp Pond Sediments in Musi Village, Gerokgak District, Buleleng, Bali

  • Ahmad Fauzi Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • Ima Yudha Perwira Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • Made Ayu Pratiwi Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dekomposisi bahan organik dalam sedimen tambak udang Vanname. Penelitian dilaksanakan di desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan budidaya udang vannamei menghasilkan bahan organik yang terus-menerus terakumulasi pada substrat dasar tambak, sehingga dapat mengurangi kualitas media budidaya dan kualitas perairan di sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019. Sampel sedimen dan sampel air dikumpulkan dari 10 kolam yang dipilih secara acak. Pengambilan sampel sedimen dilakukan melalui saluran pembuangan central/tengah. Sedangkan sampel air diambil secara langsung pada tambak. Karbon organik (OC) diukur dengan menggunakan Metode Walkley and Black, Total Nitrogen (TN) diukur menggunakan Metode disltilasi Kjeldahl secara titrasi, Total Bakteri (TB) diukur menggunakan Metode Total Plate Count (TPC) dengan tekhnik spread plate. COD air diukur menggunakan metode titrimetri berbasis permanganat, sedangkan DO diukur menggunakan Metode Winkler. PH air diukur menggunakan pH meter, dan suhu diukur menggunakan termometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Karbon Organik (OC) dalam sedimen adalah 20,2%, Total Nitrogen (TN) 1,0%, dan Total Bakteri (TB) 15 × 106 CFU/gram. Nilai  rasio C/N pada sedimen didapatkan sebesar 22. Rata-rata COD air adalah 18,3 mg / L, DO adalah 7,4 mg / L, pH 6,8, dan suhu 30,2oC. Hasil ini menunjukkan bahwa dekomposisi bahan organik dalam sedimen tambak udang Vannamei di desa Musi dalam kondisi seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-30
How to Cite
FAUZI, Ahmad; PERWIRA, Ima Yudha; PRATIWI, Made Ayu. Tingkat Dekomposisi Bahan Organik pada Sedimen Tambak Udang Vanname di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Current Trends in Aquatic Science, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 8-15, aug. 2020. ISSN 2621-7473. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ctas/article/view/55261>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>