PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEKTOR PUBLIK, DENGAN IN-ROLE PERFORMANCE DAN INNOVATIVE PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Putu Yudha Asteria Putri
  • Made Yenni Latrini

Abstract

ABSTRAK

Kepuasan kerja dan kinerja merupakan suatu hubungan yang berkaitan pada sebuah organisasi publik. Tuntutan masyarakat dalam pelayanan publik dimana masyarakat menginginkan adanya pelayanan publik yang sesuai, oleh sebab itu penilaian kinerja perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja organisasi sektor publik dengan in-role performance dan innovative performance sebagai variabel mediasi penelitian ini dilakukan di PDAM Kabupaten Badung, Tabanan dan Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan mengambil sebanyak 200 responden dari populasi karyawan sebanyak 902 orang.  Berdasarkan hasil analisis dengan SEM sebelum dilakukan modifikasi dilihat bahwa nilai Godness of Fit menunjukkan lima kriteria kurang baik dari delapan kriteria. Setelah dilakukan modifikasi model dihasilkan kriteria Godness of Fit telah memenuhi syarat. Selain itu semua variabel berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan. Serta diketahui variasi Kinerja Karyawan 15,5% dipengaruhi oleh Kepuasan Kerja, In-role Performance dan Innovative Performance.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan Sektor Publik

Published
2013-12-10
How to Cite
ASTERIA PUTRI, Putu Yudha; LATRINI, Made Yenni. PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEKTOR PUBLIK, DENGAN IN-ROLE PERFORMANCE DAN INNOVATIVE PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], p. 627-638, dec. 2013. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7427>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles