Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Teknologi Informasi pada Kualitas Laporan Keuangan LPD Dengan Pendidikan Sebagai Pemoderasi

  • A.A. Sg. Istri Pradnya Paramitha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Ida Bagus Dharmadiaksa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p25

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi karyawan dan teknologi informasi pada kualitas laporan keuangan LPD dengan pendidikan sebagai pemoderasi.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan LPD Kecamatan Denpasar Selatan yaitu sebanyak 228 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, memeroleh sampel yaitu sebanyak 55 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah kuesioner yang kembali yaitu sebanyak 50 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah MRA dengan Uji Selisih Mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi karyawan dan teknologi informasi berpengaruh positif pada kualitas laporan keuangan. Pendidikan tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi karyawan pada kualitas laporan keuangan, namun mampu memoderasi dan memerkuat pengaruh teknologi informasi pada kualitas laporan keuangan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan tambahan informasi pada pihak – pihak yang berkaitan langsung dalam menyusun laporan keuangan untuk menjalankan tugasnya dengan baik sehingga akan mampu menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas.


Kata kunci:   kualitas laporan keuangan, kompetensi karyawan, teknologi informasi, dan pendidikan


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-01-14
##submission.howToCite##
PRADNYA PARAMITHA, A.A. Sg. Istri; DHARMADIAKSA, Ida Bagus. Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Teknologi Informasi pada Kualitas Laporan Keuangan LPD Dengan Pendidikan Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 682 - 708, jan. 2019. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/44942>. Tanggal Akses: 19 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p25.
Bagian
Artikel