Pengaruh Faktor Finansial dan Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting

  • Putu Kiki Nadia Pratiwi Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Agung Suaryana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan tingkat penggunaan internet menjadi trend bagi perusahaan untuk melaksanakan corporate internet reporting. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh faktor finansial yang diproksikan pada profitabilitas dan financial distress, serta good corporate governance yang diproksikan pada kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, dan komite audit terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2016. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 perusahaan, dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, ditemukan bahwa profitabilitas, financial distress, kepemilikan manajerial dan komite audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting. Ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting.


Kata Kunci: Profitabilitas, financial distress, good corporate governance, ukuran perusahaan, timeliness corporate internet reporting

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-08
How to Cite
PRATIWI, Putu Kiki Nadia; SUARYANA, I Gusti Ngurah Agung. Pengaruh Faktor Finansial dan Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 1017-1046, july 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38316>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p08.
Section
Artikel