Budaya Organisasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi dan Locus Of Control Pada Kinerja Auditor Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali

  • I Dewa Ayu Yulia Rusmita Universitas Udayana
  • I Dewa Nyoman Badera Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Kinerja akutan publik yang berkerja didalamnya mencerminkan Kualitas  Kantor Akuntan Publik (KAP). Kinerja auditors merupakan perwujudan kerja yang dilakukan untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik untuk pencapaian tujuan organisasi. Faktor yang mempengaruhi kinerja auditor yaitu kompetensi, locus of  control dan budaya organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui moderasi budaya organisasi dengan kompetensi dan locus of  control pada kinerja auditor. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali.  Sampel yang di ambil dalam penelitian ini sebanyak 67 auditor. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kompetensi dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja auditor. Budaya organisasi memperkuat pengaruh kompetensi dan  locus of control  pada kinerja auditor.


Kata Kunci: kompetensi, locus of control, budaya organisasi, kinerja auditor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-25
How to Cite
RUSMITA, I Dewa Ayu Yulia; BADERA, I Dewa Nyoman. Budaya Organisasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi dan Locus Of Control Pada Kinerja Auditor Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 1708-1735, may 2018. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/36610>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p04.
Section
Artikel