Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat dan Perilaku Penggunaan Sistem E-Filing Di Kota Denpasar dengan Model UTAUT

  • Ni Kadek Lisa Rosita Komala Dewi Universitas Udayana
  • I Ketut Yadnyana Universitas Udayana

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak mulai melakukan modernisasi sistem perpajakan pada tahun 2002. Salah satu hasil modernisasi tersebut adalah e-Filing. e-Filing dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak guna mempermudah pelaporan SPT Tahunan wajib pajak dan administrasi perpajakan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku penggunaan sistem e-Filing dengan menerapkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang pengguna e-Filing, dengan metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem e-Filing, kondisi yang memfasilitasi dan minat penggunaan berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan sistem e-Filing.


Kata Kunci:  UTAUT, ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, minat penggunaan, dan perilaku penggunaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-02
How to Cite
KOMALA DEWI, Ni Kadek Lisa Rosita; YADNYANA, I Ketut. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat dan Perilaku Penggunaan Sistem E-Filing Di Kota Denpasar dengan Model UTAUT. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 2338-2366, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/35550>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p23.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)