Reputasi Auditor Sebagai Pemoderasi Pengaruh Informasi Keuangan dalam Prospektus Pada Tingkat Underpricing Penawaran Saham Perdana

  • Pande Kadek Ary Raditya Permadi Universitas Udayana
  • Gerianta Wirawan Yasa

Abstract

Pasar modal merupakan tempat terjadinya permintaan dan penawaran saham. Pasar modal berperan sebagai sumber pembiayaan maupun investasi, baik dalam dunia usaha maupun oleh investor. Pasar modal dibedakan menjadi pasar primer dan pasar sekunder. Pasar primer adalah tempat untuk perusahaan yang baru go public menawarkan sahamnya, sedangkan pasar sekunder adalah tempat untuk perusahaan menawarkan sahamnya setelah penawaran perdana di pasar primer. Perusahaan yang akan go public biasanya menerbitkan prospektus perusahaan. Di dalam prospektus terdapat informasi-informasi perusahaan. informasi yang terdapat di dalam prospektus perusahaan inilah yang diperlukan oleh publik (investor) dalam pengambilan keputusan investasi yang baik dan tidak menyesatkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui reputasi auditor sebagai pemoderasi pengaruh size, return on assets dan financial leverage pada tingkat underpricing penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO tahun 2012-2014. Jumlah populasi sebanyak 77 perusahaan. Dari jumlah populasi tersebut, didapat sebanyak 63 data observasi dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan nonparticipant observation. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa size dan return on assets berpengaruh negatif pada tingkat underpricing, sedangkan financial leverage berpengaruh positif pada tingkat underpricing. Reputasi auditor memperlemah, pengaruh negatif return on assets dan  pengaruh positif financial leverage pada tingkat underpricing, sedangkan reputasi auditor tidak mampu memoderasi pengaruh size pada tingkat underpricing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
How to Cite
PERMADI, Pande Kadek Ary Raditya; YASA, Gerianta Wirawan. Reputasi Auditor Sebagai Pemoderasi Pengaruh Informasi Keuangan dalam Prospektus Pada Tingkat Underpricing Penawaran Saham Perdana. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 1963-1992, dec. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/31157>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)