Pengaruh Kompleksitas Operasi, Kontinjensi, Pergantian Auditor pada Audit Report Lag dengan Spesialisasi Auditor sebagai Pemoderasi

  • Gusti Ayu Nyoman Purnama Dewi
  • I Dewa Gede Dharma Suputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompleksitas operasi, kontinjensi, dan pergantian auditor pada audit report lag dengan dimoderasi oleh spesialiasi auditor. Populasi penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Sampel sebanyak 32 perusahaan dengan 128 pengamatan diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian adalah data sekunder dan diperoleh dengan metode observasi non partisipan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas operasi dan kontinjensi berpengaruh positif dalam menyebabkanaudit report lag yang lebih panjang, sedangkan pergantian auditor tidak berpengaruh pada audit report lag. Spesialisasi auditor hanya mampu memperlemah pengaruh kontinjensi pada audit report lag. Spesialisasi auditor mampu memperlemah pengaruh dari adanya pelaporan kontinjensi sehingga audit report lagmenjadi lebih pendek.
Kata kunci : audit report lag, kompleksitas operasi, kontinjensi, pergantian auditor, spesialisasi auditor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-07
How to Cite
DEWI, Gusti Ayu Nyoman Purnama; SUPUTRA, I Dewa Gede Dharma. Pengaruh Kompleksitas Operasi, Kontinjensi, Pergantian Auditor pada Audit Report Lag dengan Spesialisasi Auditor sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 912-941, nov. 2017. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/29217>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i02.p02.
Section
Articles

Keywords

audit report lag, complexity of operation, contingency, auditor change, auditor specialization